ALAT PERAGA
MATEMATIKA
NAMA ALAT PERAGA : LIMAS DALAM KUBUS
Deskripsi Alat Peraga
Nama : Limas Dalam Kubus
Kategori : Alat Peraga
Berbasis Konsep Volume
Alat dan Bahan Alat Peraga:
Alat
|
Bahan
|
Prediksi
Harga
|
Gunting
|
Kertas karton
|
Rp. 7.000
|
Lem
|
|
Rp. 1.000
|
Pensil
|
|
Rp. 2.000
|
Penggaris
|
|
Rp. 5.000
|
|
|
Rp. 15.000
|
Deskripsi Alat Peraga
Kubus
adalah bangun 3 dimensi yang memiliki 6 buah sisi dengan semua rusuknya sama
panjang dan memiliki 4 sisi tegak. Sedangkan limas segi empat adalah bangun 3
dimensi yang dibatasi oleh bangun segutiga sebagai sisi tegaknya. Ciri khas
limas adalah memiliki bagian runcing dibagian atas sebagai titik puncak.
Suatu kubus dapat dijadikan media pembelajaran
matematika untuk mencari rumus volume limas yang dapat dibuktikan dengan volume
kubus.
Adapun prosedur pembuatan alat peraga ini antara lain sebagai
berikut:
1.
Gambarlah
jaring-jaring kubus pada kertas karton.
2.
Gambarlah
6 jaring-jaring limas persegi pada kertas karton (tidak
dengan alasnya)
3.
Gunting
jaring-jaring kubus dan jaring-jaring limas tersebut.
4.
Bentuklah
jaring-jaring limas menjadi limas dengan bantuan lem untuk merekatkannya.
5.
Setelah
keenam limas sudah dibuat, langkah selanjutnya adalah rekatkan masing-masing
limas pada setiap luas bidang jaring-jaring kubus yang sudah dibuat dengan
menggunakan lem.
6. Setelah selesai pada langkah 5 maka
jadilah kubus berisi 6 limas persegi.
7.
Alat peraga
siap digunakan.
Petunjuk Pegnggunaan Alat Peraga:
Untuk membuktikan volume sebuah limas, kita tidak dapat lepas dari bangun
ruang kubus.
1.
Pertama-tama
kita memulainya dari sebuah kubus.
2.
Kita buat
kubus menjadi enam bagian, dengan terlebih dahulu membuat diagonal ruang.
3. Dari ke empat
diagonal ruang diatas, ada sebuah titik
perpotongan dan kita potong potong kubus tersebut sehingga membentuk sebuah
limas, dan memotongnya sesuai denan diagonal ruangnya. Dan kita akan memperoleh
sebuah jaring-jaring kubus.
4. Jaring-jaring kubus tersebut memiliki panjang
sisi las yang sama dengan panjang sisi alas pada kubus, dan tinggi limas
diatas sama dengan ½ panjang sisi alas limas.
Dari semua gambar diatas dapat kita simpulkan bahwa
sebuah kubus dengan panjang sisi alas s dapat dibuat enam buah limas yang
kongruen dengan panjang sisi aalas a dan tinggi limas ½ s.
1 buah kubus =
6 buah limas
Volume kubus =
6 x volume limas
Volume limas = 1/6 x s x s x s
= 1/6x (s x s) x 2 x
s
= 2/6x (s x s) x(
s)
Volume limas = 1/3x luas alas x tinggi
Maka terbukti bahwa volume limas sama dengan
volume kubus. Dan kita peroleh volume limas adalah
x luas alas x tinggi.
Kegunaan Alat peraga dalam kegiatan pembelajaran:
Penggunaan
alat peraga jaring jaring kubus dalam pembelajaran Matematika, dipilih karena beberapa aspek :
a)
Secara umum
·
Untuk
mempermudah bagi guru/ pendidik dalam menyampaikan informasi materi kepada anak
didik.
·
Untuk
mempermudah bagi peserta didik dalam menyerap atau menerima serta memahami
materi yang telah disamapaikan oleh guru/ penddik.
·
Untuk dapat mendorong
keinginan peserta didik untuk lebih mengetahui labih banyak dan mendalam
tentang materi atau pesan yang disampaikan oleh guru/ pendidik
·
Untuk
menghindarkan salah pengertian atau salah paham antar peserta didik yang satu
dengan yang lain terhadap materi atau pesan yang disampaikan oleh
guru/pendidik.
·
Memperjelas
penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata kata
tertulis atau lisan belaka).
b)
Secara khusus
·
Untuk
memahami materi pemelajaran tentang volume limaas.
·
Untuk mengenal
unsur-unsur bangun ruang seperti limas dan kubus.
·
Untuk
membantu siswa menemukan ruas dari volme limas dengan kubus sebagai dasar
penentuan rumus.
·
Dapat
merangsang siswa untuk berkreativitas dalam belajar matematika.
Keuntungan dan Kelemahan Alat Peraga:
Ø
Keuntungan Alat Peraga
Adapun keuntungan atau kelebihan jaring jaring kubus sebagai alat peraga
pembelajaran matematika diantaranya adalah sebagai berikut:
1)
Mudah dibawa.
2)
Dapat
meningkatkan ketertarikan siswa pada pelajaran karena terdapat warna yang
menarik dan ceria.
3)
Medianya
sederhana tidak ribet dan memudahkan pemahaman.
4)
Dapat
memeragakan konsep.
Ø
Kelemahan Alat peraga
Adapun kelemahan atau kekurangan jaring jaring kubus sebagai
alat peraga pembelajaran matematika diantaranya adalah sebagai berikut:
1)
Dalam proses
pembuatan alat peraga agak sedikit rumit, karena ukuruna limasnya harus
benar-benar sama.
2)
Membutuhkan
waktu yang lama dalam proses pembuatan media atau alat peraga.
3)
Media atau
alat peraga ini bisa menentukan volume untuk imas saja, sementara tidak bisa menentukan volume dari
bangun ruang sisi lengkung.
kak, ini termasuk jenis alat peragaa ap kak?soure, demons, sama model ya kak?
ReplyDelete