ALAT PERAGA MATEMATIKA





NAMA ALAT PERAGA : LIMAS DALAM KUBUS

 Deskripsi Alat Peraga
Nama               : Limas Dalam Kubus
Kategori          : Alat Peraga Berbasis Konsep Volume

Alat dan Bahan Alat Peraga:
Alat
Bahan
Prediksi Harga
Gunting
Kertas karton
Rp.   7.000
Lem

Rp.   1.000
Pensil

Rp.   2.000
Penggaris

Rp.   5.000


Rp. 15.000

Deskripsi Alat Peraga
          Kubus adalah bangun 3 dimensi yang memiliki 6 buah sisi dengan semua rusuknya sama panjang dan memiliki 4 sisi tegak. Sedangkan limas segi empat adalah bangun 3 dimensi yang dibatasi oleh bangun segutiga sebagai sisi tegaknya. Ciri khas limas adalah memiliki bagian runcing dibagian atas sebagai titik puncak.
          Suatu kubus dapat dijadikan media pembelajaran matematika untuk mencari rumus volume limas yang dapat dibuktikan dengan volume kubus.
          Adapun prosedur pembuatan alat peraga ini antara lain sebagai berikut:
1.      Gambarlah jaring-jaring kubus pada kertas karton.


2.      Gambarlah 6 jaring-jaring limas persegi pada kertas karton (tidak dengan alasnya)
 
3.      Gunting jaring-jaring kubus dan jaring-jaring limas tersebut.

4.      Bentuklah jaring-jaring limas menjadi limas dengan bantuan lem untuk merekatkannya.
 
5.      Setelah keenam limas sudah dibuat, langkah selanjutnya adalah rekatkan masing-masing limas pada setiap luas bidang jaring-jaring kubus yang sudah dibuat dengan menggunakan lem.

6.      Setelah selesai pada langkah 5 maka jadilah kubus berisi 6 limas persegi.

             7.      Alat peraga siap digunakan.


Petunjuk Pegnggunaan Alat Peraga:
          Untuk membuktikan volume sebuah limas, kita tidak dapat lepas dari bangun ruang kubus.
1.      Pertama-tama kita memulainya dari sebuah kubus.
2.      Kita buat kubus menjadi enam bagian, dengan terlebih dahulu membuat diagonal ruang.
3.    Dari ke empat diagonal ruang diatas, ada  sebuah titik perpotongan dan kita potong potong kubus tersebut sehingga membentuk sebuah limas, dan memotongnya sesuai denan diagonal ruangnya. Dan kita akan memperoleh sebuah jaring-jaring kubus.
4.  Jaring-jaring kubus tersebut memiliki panjang sisi las yang sama dengan panjang sisi alas pada kubus, dan tinggi limas diatas sama dengan ½ panjang sisi alas limas.
     Dari semua gambar diatas dapat kita simpulkan bahwa sebuah kubus dengan panjang sisi alas s dapat dibuat enam buah limas yang kongruen dengan panjang sisi aalas a dan tinggi limas ½ s.

1 buah kubus             = 6 buah limas
Volume kubus           = 6 x volume limas
Volume limas            = 1/6 x s x s x s
= 1/6x (s x s) x 2 x  s
= 2/6x (s x s) x(  s)
Volume limas            = 1/3x luas alas x tinggi
Maka terbukti bahwa volume limas sama dengan volume kubus. Dan kita peroleh volume limas adalah x luas alas x tinggi.


Kegunaan Alat peraga dalam kegiatan pembelajaran:
           Penggunaan alat peraga jaring jaring kubus dalam pembelajaran Matematika, dipilih karena beberapa aspek :
a)      Secara umum
·        Untuk mempermudah bagi guru/ pendidik dalam menyampaikan informasi materi kepada anak didik.
·        Untuk mempermudah bagi peserta didik dalam menyerap atau menerima serta memahami materi yang telah disamapaikan oleh guru/ penddik.
·        Untuk dapat mendorong keinginan peserta didik untuk lebih mengetahui labih banyak dan mendalam tentang materi atau pesan yang disampaikan oleh guru/ pendidik
·        Untuk menghindarkan salah pengertian atau salah paham antar peserta didik yang satu dengan yang lain terhadap materi atau pesan yang disampaikan oleh guru/pendidik.
·        Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata kata tertulis atau lisan belaka).
b)      Secara khusus
·         Untuk memahami materi pemelajaran tentang volume limaas.
·         Untuk mengenal unsur-unsur bangun ruang seperti limas dan kubus.
·         Untuk membantu siswa menemukan ruas dari volme limas dengan kubus sebagai dasar penentuan rumus.
·         Dapat merangsang siswa untuk berkreativitas dalam belajar matematika.


Keuntungan dan Kelemahan Alat Peraga:
Ø  Keuntungan Alat Peraga
           Adapun keuntungan atau kelebihan jaring jaring kubus sebagai alat peraga pembelajaran matematika diantaranya adalah sebagai berikut:

1)      Mudah dibawa.
2)      Dapat meningkatkan ketertarikan siswa pada pelajaran karena terdapat warna yang menarik dan ceria.
3)      Medianya sederhana tidak ribet dan memudahkan pemahaman.
4)      Dapat memeragakan konsep.



Ø  Kelemahan Alat peraga
           Adapun kelemahan atau kekurangan jaring jaring kubus sebagai alat peraga pembelajaran matematika diantaranya adalah sebagai berikut:

1)      Dalam proses pembuatan alat peraga agak sedikit rumit, karena ukuruna limasnya harus benar-benar sama.
2)      Membutuhkan waktu yang lama dalam proses pembuatan media atau alat peraga.

3)      Media atau alat peraga ini bisa menentukan volume untuk imas saja,  sementara tidak bisa menentukan volume dari bangun ruang sisi lengkung.

1 comments :

  1. kak, ini termasuk jenis alat peragaa ap kak?soure, demons, sama model ya kak?

    ReplyDelete